Bermain Cornering (knee down) di Sirkuit Gery Mang

. . No comments:
Ini adalah pengalaman pertama kali nya pada saat melahap tikungan lutut bisa menyentuh aspal atau dalam kata lain sering di sebut knee down. saya masih ingat pertama kali ke sirkuit gery mang, sulit sekali agar lutut bisa menyentuh aspal padahal kalo pake perasaan udah miring banget, dan ban belakang sudah sampai slide. walaupun belum berhasil tapi saya tetap senang karena itu adalah pengalaman pertama saya mencoba bermain di sirkuit.
kebetulan waktu itu ban cibi saya sudah gundul depan dan belakang, setelah browsing di sana sini akhir nya untuk ban depan dan belakang jatuh pada Corsa R 93 Platinum, untuk depan menggunakan 120/60 dan belakang menggunakan ukuran 150/60. Waktu di coba pertama kali ternyata ban depan terasa sulit untuk di belokan tetapi setelah sehari dua hari, ban sudah normal.
Pengalaman menggunakan Corsa R 93, ukuran depan 120/60 dan belakang 150/60, untuk handling terasa sedikit berat untuk nikung, tetapi lebih mantep dan pada saat di jalan biasa motor terasa lebih menapak di aspal,dulu saya punya pengalaman kalo ban depan sering goyang2 jika di lepas pada saat jalan lurus pada waktu menggunakan ukuran ban depan 110/70 tetapi setelah menggunakan ukuran 120/60 ban depan goyang sudah tidak terjadi lagi.
Setelah ganti ban depan, saya menambahkan fork stabilizer agar pada saat masuk dan keluar tikungan handling lebih stabil. di samping di tikungan lebih stabil pada saat melahap jalan rusak jarang mengalami suara seperti benturan di shock dan terasa lebih membal, jadi menurut saya sangat recomendasi sekali untuk menggunakan fork stabilizer.
Setelah update ban dan menambahkan fork stabilizer saya sudah tidak sabar lagi untuk mencoba cornering di sirkuit gery mang, moga moga ajah bisa sampai knee down, soalnya saya coba di jalanan ban nya grip nya lumayan lengket.
Dan hasil nya memang mujarab, di tikungan pendek ga kerasa lutut saya menyentuh aspal. dan dalam hati saya pun sudah mulai tersenyum, dan tidak sabar lagi untuk mencoba. setelah beberapa kali mencoba saya sudah semakin mahir dalam melahap tikungan

 Setelah kejadian ini saya pun mempunyai hobi yang sangat baru, yaitu bermain ke sirkuit, kemungkinan akan menjadi agenda rutin bulanan. menurut saya bermain cornering di sirkuit itu lebih baik daripada kita mencoba2 di jalan, karena resiko nya lebih besar.


 Setelah bermain beberapa putaran saya pun mengecek, ternyata untuk ban belakang sudah habis tergerus sampai tepi paling ujung sedangkan untuk bagian depan masih menyisakan sedikit, selain itu kondisi sepatu sebelah kanan ga kalah habis tergerus aspal karena untuk footstep masih menggunakan standart, selain itu cover knalpot (standart) juga tergerus aspal. kemungkinan untuk footstep harus di lakukan sedikit modifikasi dan untuk cover knalpot seharusnya di lepas agar tidak tergerus aspal.
pengalaman saya dalam masuk keluar tikungan, pada saat masuk tidak terlalu bermasalah tetapi saya merasa pada saat keluar tikungan pada saat tarik gas akselerasi motor terasa agak lambat baiknya.
kemungkinan karena efek ukuran ban yang di perbesar untuk depan standar 110/80 menjadi 120/60 dan untuk belakang 130/70 menjadi 150/60. saat itu saya sudah ganti gear depan 15 dan belakang 45, dari standart depan 15 belakang 43. tetapi saya merasa akselerasi pada saat keluar tikungan sangat terasa lambat padahal saya menggunakan gigi 3 pada saat keluar dan masuk tikungan.
untuk permasalahan akselerasi pada saat keluar tikungan, saya ada rencana untuk mengganti ukuran gear depan dari 15 menjadi 14. Kita lihat apakah perubahan gear depan akan merubah akselerasi keluar tikungan menjadi lebih cepat. Saya sudah tidak sabar ingin mencoba kembali.

fyi :
Gear Depan : 15 T (SSS)
Gear Belakang : 45 T (SSS)
Rante : 428 H  (RK Racing)
Fork Stablizier : Fork Stabilizer
Ban Depan : 120/60 (Corsa r 93)
Ban Belakang : 150/60 (Corsa r 93)

No comments:

Google+ Badge

Premium Templates

Translate

Total Pageviews